Pemburu Makanan Lezat: Cilok Makanan Kenyal yang Lezat

Friday, February 20, 2015

Cilok Makanan Kenyal yang Lezat




Aci dicolok ( Tepung Tapioka yang ditusuk ) atau yang lebih sering kita dengar dengan nama Cilok, merupakan makanan Lezat lainnya, yaitu makanan khas Orang sunda ( Jawa Barat ),
Cilok dengan tekstur yang kenyal dan empuk, merupakan makanan yang Lezat dan lebih enak disantap ketika waktu senggang.

Bahan-bahan
Tepung Tapioka (Kanji)
300 gram
Tepung Terigu
secukupnya
Daging Kornet
secukupnya
Seledri
secukupnya
Bawang Putih Halus
secukupnya
Air Panas
secukupnya
Merica (Lada) Bubuk
secukupnya
Kacang Tanah
100 gram
Gula Merah
secukupnya
Garam
secukupnya
Kecap
secukupnya
Penyedap Rasa (MSG)
secukupnya
Minyak Goreng
secukupnya
Bawang Merah
2 siung
Bawang Putih
1 siung

Cara membuat
1
ayak tepung kanji (adar tidak menggumpal), lalu tambahkan garam, lada bubuk, ratakan. Kemudian masukkan bawang putih halus kedalam air panas, lalu tuangkan air panas sedikit demi sedikit ke wadah tepung kanji sambil diauk. nb: (memasukkan air panas sedikit demi sedikit)

2
jika tepung kanji sudah menjadi adonan, masukkan tepung terigu sambil diayak, aduk sampai tercampur rata, jika dirasa agak keras, tambahkan air hangat secukupnya, lalu uleni hingga kilas. nb: (jangan mencampur kanji & terigu ketika ingin menuangkan air panas, hal ini bisa merusak adonan, karna saya sendiri pernah melakukannya :P )

3
siapkan air rebusan, sementara menunggu air mendidih, bahan yang sudah diuleni, kemudian dibentuk bulat, sebesar kelereng (sesuai selera) jangan lupa memasukkan isian ciloknya.

4
jika air sudah mendidih tambahkan 1sdm minyak goreng dan penyedap rasa secukupnya, lalu masukkan bahan yang sudahdi bentuk kedalam air rebusan, perhatikan, bahan yang sudah matang ditandai dengan mengapungnya si cilok. jika sudah mengapung, tiriskan.

5
membuat bumbu kacang: haluskan kacang yang sudah digoreng, beserta bawang putih & bawang merah, gula merah, dan air. kemudian panaskan minyak goreng di wajan, jika bumbu telah selesai dihaluskan, masukkan bumbu kacang, lalu tumis hingga airnya meniris, tambahkan kecap dan bumbu penyedap (bila diperlukan). angkat

6
sajikan cilok dengan disirami sambal kacang. tambahkan saus sesuai selera.



いただきます Itadakimasu :)



No comments :

Post a Comment